CERPEN

Rabu, 08 Desember 2010

BEDA MARKETING DAN MARKETING PUBLIK RELATION

BEDA ANTARA MARKETING DAN MARKETING PUBLIK RELATION

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh….

Yang saya tulisakan ini adalah pertanyaan yang sering di ajukkan teman-teman di group jejaring sosial yang kebetulan saya adalah admin nya,pertanyaan yang sering saya dengar dari teman-teman adalah, bukannya sama antara marketing dan marketing publik relation????
Untuk lebih jelas nya mari kita lihat perbedaannya…

Sering terjadi kerancuan dan kesalahan intepretasi antara marketing dan marketing public relation.dan terkadang sebagian dari kita menganggap kedua hal ini sama. Memang sepintas kedua hal ini kelihatan hampir sama jika kita melihat dari sisi tujuan dalam arti yang sempit.

Berikut akan kita bahas sedikit perbedaan antara marketing dan marketing public relation
Pemasaran (Inggris:Marketing)

Adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasadalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran Mulai dari pemenuhan produk, penetapan harga,, pengiriman barang, dan mempromosikan barang. Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut  pemasaran.
Hubungan masyarakat atau humas (bahasa Inggris: public relation)
Adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/ organisasi.Sebagai sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk memberikanIformasi,mendidik,meyakinkan,meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. Seorang humas selanjutnya diharapkan untuk membuat program-program dalam mengambiltindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.
Di sini nampak perbedaan antara marketing dan marketing PR
Marketing padan konsepnya hanya memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia terkait masalah produk,harga ,pengiriman dan promotion

Sementara MPR lebih dari sekedar itu dimana MPR lebih mengacu pada menciptakan pengertian public,memperdalam kepercayaan public,Humas dalam peran nya sebagai marketing public relation di harapkan mampu memberikan informasi,mendidik,meyakinkan,meraih simpati dan membangkitkan ketertarikan masyarakat terhadap sesuatu.
Nah,Sekarang nampakan perbedaan yang sgnifikan antara marketing dan marketing public relation?????
  1. MPR lebih luas cakupan nya dari marketing…tujuan marketing terangkum di dalam Marketing Publik Relation
  2. Marketing hanya sebatas pengenalan produk dan daya beli masyarakat terhadap produk,sedangkan Marketing Publik Relation lebih dari sekedar itu yakni mendidik,meyakinkan,meraih simpati dan menumbuhkan loyalitas terhadap produk yang di pasarkan
  3. Di dalam aktifitasnya Marketing Publik Relation juga tidak hanya memperkenalkan produkny saja,namun llebih dari itu,dima disamping tujuan utama nya adalah memperkenalkan produk ke pada masyarakat Program MPR juga dapat membantu masyarakat karma bias any program-program dari marketing publikl relation yang di jalankan sarat dengan dimensi-dimensi sosialnya….
Okeee….udah ngak bingung lagi kan soal marketing dan marketing public relation….mudah-mudah tulisan yang singkat ini dapat membantu anda untuk memahami dan membedakan mana konsep marketing dan yang mana konsep marketing public relation…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar